Just Take What You Need, For Free...

yuyun_cantik



Pagi yang berat. Di rumah ada laptop toshiba yang gede tu. Bukannya punya sendiri, tu punya customer yang kena yuyun_cantik. Duh, shorcut to folder microsoft dan harry potter yang tidak jelas lokasinya ada di mana-mana. Dilihat dari script-nya, pembuat *.lnk ini bersembunyi di c:\windows\system32\wscript.exe. Yang bikin takut hapus, aku kurang paham apa wscript.exe itu memang bawaan windows atau pura2nya yuyun aja. Soalnya laptop ini memakai vista.

Untung saja aku menggunakan SD card untuk transfer AV ke laptop itu, jadi bisa diset writelock seperti disket (ini alasan mengapa aku menggunakan SD card daripada menggunakan flashdisk). Tapi ketika aku perlu mengambil skrinsut dari ansav yang sedang scan, ya ketularan deh.

Pu, eh yuyun ini (dan hampir seluruh jenis virus lokal) mengandalkan autorun.inf yang ada di root drive. Ah, basbang ni post :-(

daftar Antivirus yang belum detect si yuyun
avira, avg, ansav (detek tapi tidak ampuh), smadav.

akhirnya pake total commander atas saran temen wordpress. Lumayan, tidak kambuh lagi, tapi tetep susah utik2 benerin efek sampingnya. yang paling mengganggu tuh sekarang laptopnya belum bisa browsing, lan detek tapi ga konek. capek sdeeh..

9 comments:

masa AVG 8 pun gak bisa detect mas? gmn klo Avast!

iya, belum detek sempurna, kalo eboot masih muncul lagi, avast aku ga coba, tapi pake total commander ampuh kok, dan kalo wawasan kita terhadap virus lumayan luas, virus apa aja bisa dibasmi loh.

Tapi... meskipun tu AVG 8 udh terupdate ap hasilnya tetep mas? tu virus jenis apa mas?

Update pada tanggal 3 Feb belum detek. kukira wajar sih, karena kan bntuknya cuma shortcut yang mengarah pada program wscript yang notabene memang filenya windows.
kalo avira deteknya yuyun/w32 gitu kalo ga salah. tapi alhamdulillah sejauh ini kalo kambuh sudah tidak bingung lagi..

mas minta alamat email nya....

kiri atas kan alamat imel hakim_elektro@yahoo.com
avira premium saya ga pake soalnya bayar, lagian ada yang gratis napa bayar heheh...

saya punya license key avira premium mas,, mw??

@boyo
Wah, kalo bajakan ga berani pake mas Boyo...

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. request juga boleh kok, ntar ku usahakan deh..