Just Take What You Need, For Free...

Membuat Grafik ala Pengolah Kata Secara Online

Berawal dari kesulitan membuat grafik (diagram batang, garis dll) di kingsoft writer, aku sempat stuck dan mulai berpikir ala barbar hehe, maksudnya adalah menggambar manual satu persatu menggunakan autoshape. Kadang kalo kita lagi stres, sekelebat terlintas ide ala human nature.

Mengapa aku tidak menggunakan fasilitas internet unlimited yang kumiliki yah? (pamer deh) sementara aku cuma ingat google docs. Tapi masih harus register ulang, duh. Terus aku coba-coba search dengan kata kunci "graph maker", hasil pencarian yang teratas memberikan nada yang sangat menggembirakan.

http://nces.ed.gov adalah hasil teratas dari pencarian itu. Yang melegakan adalah bahwa situs itu berdomain .gov yang berarti kita bisa menggunakan fasilitas itu tanpa khawatir diminta registrasi dan mungkin juga ada limitasi tertentu (maunya gratisan melulu)

Nama fasilitasnya adalah Create A Graph, ada versi klasik juga (wizard). Halamannya sudah keren, bukan flash tapi bisa bisa load parsial, jadi bisa ganti tab tanpa harus refresh seluruh halaman. Tampilan awalnya seperti ini,



Cara pengisian datanya juga relatif mudah. Aku yang sudah setahun ini tidak menggunakan Microsoft Word teringat lagi kemudahan pembuatan grafik seperti ini. Ini bahkan lebih mudah. nilai x tidak konsistenpun dia toleransi, beda dengan punya word yang nilai x harus konsisten dan y otomatis.

Kelebihan yang cukup membuat penggunanya tersenyum adalah kemampuan situs ini untuk menghasilkan grafik dalam berbagai macam format untuk diunduh. Taruh saja yang wajib aja, pdf, jpg, htm, dan lainnya lihat gambar saja ya...



Nah ini contoh grafik yang kubuat dengan nilai x tidak konsisten



Sebenarnya bukan hanya ini situs yang bisa membuatkan kita grafik, ada beberapa yang kukunjungi tadi pagi, tapi aku lebih sreg sama yang ini.
Situs pembuat grafik lainnya
http://faculty.vassar.edu/lowry/graphs1.html
http://www.amblesideprimary.com/ambleweb/mentalmaths/grapher.html

0 comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. request juga boleh kok, ntar ku usahakan deh..