Just Take What You Need, For Free...

Print Error di Firefox


beberapa menit yang lalu firefox yang kupakai update otomatis, dari versi 3.0.2 menjadi 3.0.5. Tapi mendadak aku kecewa. Entah komputerku yang error, program pengolah-kataku yang error atau justru firefoxnya. Tapi kurasa firefoxnya yang lebih "error" hehe..

Setelah update, aku bermaksud untuk mencetak dokumen dari wikipedia. Seperti biasa aku print preview dulu terus print 1 halaman yang terakhir untuk memastikan hasilnya benar. Ternyata ada kesalahan setting halaman. Firefox hanya mau menggunakan setting default printer yang dalam hal ini aku menggunakan kerta F4 (8.5*13)inci.




Nah, dari gambar di atas kan kita tahu kalau pencetakan di firefox mengikuti setting printer windows. Ok, print preview masih kertas F4, kalau ingin menggunakan kertas A4, kita hanya bisa mengesetnya dari menu file=>print=>printer properties. setelah klik OK, aku tidak melihat adanya perubahan preview kertas, tetap seperti ketika masih menggunakan F4. Okelah kalau pas kita bermaksud mencetak semua halaman. Tadi aku mau mencetak halaman artikel saja, tanpa daftar pustaka, kan harus tahu preview dengan kertas yang sesuai. Nah mulai parah deh masalahnya.

Masalah lagi. Aku sudah mengalah dengan mencetak seluruh halaman, ternyata layout-nya berantakan, gambar yang ada tumpang tindih dengan teks. Sumpah deh, habis-habisin kertas.

Tak kurang akal, aku pilih artikel yang kubutuhkan terus ku-paste ke kingsoft writer 2009-ku. Layout yang sedikit berantakan bisa ditoleransi karena hanya perbedaan tataletak, bukan ketumpangtindihan. Masalahnya lain lagi sekarang, hasil copy-paste tadi tidak mengikutsertakan image, duh, masak mau copy-paste gambar satu-persatu? padahal dulu waktu menggunakan Firefox 2 dan Kingsoft 2007 baik-baik saja.

bersambung deh, besok lagi..

0 comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. request juga boleh kok, ntar ku usahakan deh..