Just Take What You Need, For Free...

Roti Seharga 3 Triliun


Wow, inikah roti termahal di dunia? Jangan keburu menarik kesimpulan. Lain ceritanya jika roti ini Anda beli di Zimbabwe. Ya, Zimbabwe memang tengah mengalami krisis finansial gila-gilaan. Akhir tahun kemarin setelah Bank Sentral Zimbabwe meluncurkan mata uang dengan pecahan ZWD 200 juta dan ZWD 500 juta, kini negeri miskin di Benua Hitam itu kembali melempar pecahan uang kertas baru. Nilainya ZWD 100 triliun yang setara dengan USD 33 (sekitar Rp 363 ribu) di pasar gelap. Parahnya, nilai mata uang baru itu hanya cukup untuk membeli 33 potong roti.

"Demi meyakinkan publik bahwa mereka masih tetap bisa mengakses uang dari bank, maka Bank Sentral Zimbabwe akan meluncurkan pecahan-pecahan mata uang kertas baru secara bertahap. Kali ini, sirkulasinya dimulai dengan pecahan ZWD 10 triliun (sekitar Rp 36 ribu)," tulis Bank Sentral Zimbabwe seperti dikutip koran Herald. Hiperinflasi yang mencengkeram negeri Robert Mugabe itu memaksa bank lebih "rajin" merilis nilai baru mata uang.

Selanjutnya, bank yang menjadi pusat sirkulasi uang di negeri yang terkoyak konflik politik itu akan melemparkan pecahan ZWD 20 triliun (sekitar Rp 72 ribu). Pecahan ZWD 50 triliun (sekitar Rp 182 ribu) menyusul di tahap berikutnya. "Pada tahap akhir, Bank Sentral Zimbabwe baru akan merilis pecahan ZWD 100 triliun tersebut," lapor Herald.

Sumber: Jawapos 18 Januari 2009

0 comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. request juga boleh kok, ntar ku usahakan deh..