Just Take What You Need, For Free...

N3200 vs K750

Tidak fair membandingkan dua produk yang berbeda dengan parameter yang sama

Tapi itulah yang sedang kubahas. Bukan dari segi teknis, tapi segi kenyamanan dan selera yang masih fair untuk dibandingkan. Kenapa aku membandingkan dua HP ini? Yah, ini lah hape yang kumiliki, inget cerita ini gak?

Oke kita mulai reviewnya. Aku sebenarnya bukan tipe kolektor HP. Tapi aku kurang sreg jual HP untuk membeli HP yang lebih bagus. Kalo saja HP motorola-ku ga rusak, pasti ga bakal ganti HP deh. Kalo aja 3200-ku ini bisa dipake foto yang bagus, ya ga beli lagi kayaknya (halah, bilang aja ga punya duit, jaim banget seh)

3 tahun lebih memakai 3200, rasanya puas banget. Telp, sms, MMS, email, browsing, gonta-ganti game tiap hari, YM-an, Mig33, Mxit, dengerin Gigi Show EBS FM tiap hari, rekam dosen ngomel, sampai nyenterin muka adik kelas pas ospek di Cuban Talun juga pake 3200 ini. Pokoknya maknyuss (makanan kalee)
Sampai pada hari itu (20 Maret 2009) aku memutuskan untuk beli K750 demi foto2 di Jakarta hehe..
Sebenarnya semua yang bisa dilakukan 3200 bisa dilakukan juga oleh k750 dengan lebih bagus, tapi faktor kenyamanan belum tentu HP yang hi-end bisa mengalahkan HP lo-end. Ini kira2 yang bisa diperbandingkan dari HP-ku sebelumnya dengan HP-ku yang sekarang.

Fonbuk. Kalo masalah fitur sih sama aja, kapasitas sekian dengan sekian field (home, mobile, work, foto id, dll) tapi dalam penggunaan memori, K750 kunyatakan kalah nyaman. Bayangin aja, betapa rewelnya K750 ketika penyimpanan nomor kontak adalah kartu SIM, waktu sms/telp, memori hp tidak bisa diakses.
Tidak seperti 3200 yang memori SIM maupun phone bisa diakses bersamaan, dalam list-nya hanya dibedakan ikonnya. Menyalin nomor dari SIM ke phone maupun sebaliknya juga agak ribet untuk K750, harus mark dulu.

Sms. Texting K750 masih kalah sama 3200, fitur T9 inputnya masih kurang sempurna. Kalau 3200 fitur dictionary yang memudahkan kita bila ingin sms tanpa disingkat. Contohnya, jika Dictionary Indonesia terpilih, untuk mengetik "mobil" hanya perlu menekan "66245".
Smiley emang uda bentuk ikon yang bagus dan bisa muncul di HP yang kompatibel, misal sesama SE atau siemens, tapi aksesnya masih bertele2. 3220 cukup dengan menekan tombol asterisk (*) dua kali sudah tersuguh smiley, K750 harus melalui menu insert symbol dulu.

Yang paling mengecewakan dari K750 adalah ketidakmampuan untuk menyisipkan nomor dari fonbuk untuk dikirim lewat sms melalui jendela sms. Misal kita di-sms teman, "eh tolong sms-in no si Anu plus alamat imelnya dong", K750 ga bisa. Yang bisa dilakukan untuk mengirim nomor dari fonbuk adalah membuka menu fonbuk dulu, baru send contact via sms. Itupun ga bisa diedit dulu, kalo mau kirim alamat imel juga harus lewat sms yang berbeda. Sungguh pemborosan sms bagi rakyat kecil (rakyat kecil yang mampu beli K750)

Bersambung

0 comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. request juga boleh kok, ntar ku usahakan deh..