Just Take What You Need, For Free...

ReactOS


Hari ini aku dengar sesuatu yang baru. tadi siang ku ketik keyword "linux paling mirip windows" di google. ternyata muncul hasil yang sangat mengejutkan. dari baca2 blog orang, aku tahu ada yang namanya React Operating System.

ReactOS sepintas mirip windows 98. tadinya kukira salah satu varian linux aja, tenyata ga, ni bener2 OS mandiri. kuliat di situs resminya, usaha membikin OS ini uda dari tahun 1996. ga usah cerita tentang sejarahnya kali ya..

langsung aja kudonlot iso live cd reactos terbaru versi 0.3.6. terus kujalanin pake sun virtual box

dan apa yang terjadi? booting pun ngadat. sedih deh:-( padahal kalo bisa, aku bakal jual winXP home ori punyaku heheheh...(belum diaktivasi loh, tiap 30hari instal ulang) komp ku pake p3-866, ram 3x128.

aku belum menyerah, aku donlot yang qemu preloaded alias uda ada emulatornya dari sono. oya, ukurannya kecil kok, rata2 tiap jenis paket reactos 30-50MB-an, kalo diekstrak jadi 100MB-an

pake qemu uda bisa jalan dengan mulus, booting cepet, tapi masih ga stabil, suka hang gitu. kuliat juga menu2nya windows abis, aku jadi semangat. masalahnya cuma emang belum selengkap windows. yang penting buatku tuh dukung jaringan, bisa instal billing dan firefox, lain2 ntar dulu ga papa.

sampai tulisan ini dibuat, versi terbaru adalah 0.3.6 yang masih dalam tingkat alpha yang maksudnya belum ada versi stabilnya. bahkan di situsnya dibilangin kalo tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari. tapi berita baiknya, versi 0.4 diusahakan rilis bulan september 2008 ini, dan tim reactos akan ngebut ngerjain OS ini supaya versi beta (0.5) dan versi stabil (1.x) bisa rilis sebelum tahun 2008 berakhir.

aku belum coba di hardware beneran si. ntar kalo uda q coba, ku posting aplikasi apa yang bisa jalan di reactos. tujuan utamaku adalah menggantikan posisi windows di komputer klienku. moga2 lancar aje ye...

0 comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. request juga boleh kok, ntar ku usahakan deh..